Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 Januari 2016

Catper: Pendakian Gn Merbabu jalur Selo

Menatap Ubun Ubun Gn Merapi dari Merbabu

Meski sudah hampir 3 tahun berlalu, ingatan akan eloknya pemandangan di jalur pendakian Gn Merbabu via Selo, Boyolali tak kan pernah terlepaskan, berikut catatannya..
Entahlah....tanggal 29 September senantiasa menjadi waktu yang sakral bagi saya untuk mendaki gunung, hingga perjalanan saya untuk menapaki jalan menuju puncak Gn Merbabu kala itu aku laksanakan tanggal 28-29 September 2013.
Sabtu, 28 September waktu itu bersama 4 orang rekan sekitar jam 09.00 wib, dari tempat tinggalku di Wonosari, Gunungkidul mengendarai 3 sepedamotor menuju pos pendakian Gn Merbabu di Selo, Boyolali. Kurang lebih 3 jam perjalanan membelah kota Yogyakarta - muntilan - Selo.
Sekitar Jam 12.00 wib, sampai di komplek pasar Selo, istirahat sejenak, menunaikan kewajiban shalat duhur dilanjutkan makan siang di warung terdekat. Disarankan untuk mengecek ulang logistik yang belum lengkap disini, karena apa bila ada kekurangan di basecamp Selo sulit untuk mencari karena posisinya yang jauh dari pusat belanja maupun warung yang lengkap, juga bagi para pendaki yang baru pertama kesini disanrankan bertanya kpd penduduk sekitar untuk menunjukkan arah basecamp Selo, karena jalurnya yg berbelit2.
Yang jelas, waktu itu setelah polsek selo saya ambil jalur ke kiri menuju base camp.
 gapura selamat datang,...sebelum sampai base camp.
Setelah melewati jalan kampung yang lumayan jauh dan berliku, sampailah di basecamp pendakian Selo, ada beberapa base camp di sini...saya waktu it pilih basecamp yang lumayan ramai oleh para pendaki, letaknya di sebelah kanan jalan. Di basecamp ini tersedia air khas pegunungan yang cukup melimpah.

 salah satu base camp pendakian jalur selo..
Di basecamp ini saya melakukan registrasi, bayar tiket, ceking perbekalan dan perlengkapan lagi truss tepat jam 14.00 WIB kami mulai perjalanan pendakian. 

dari base camp menuju gerbang pendakian
Menuju gerbang pendakian, dari basecamp jaraknya sekitar 150 m saja. setelah gerbang pendakian ini kita memasuki kawasan hutan dengan populasi pohon pohon yang tinggi dan besar...

gerbang pendakian selo, yang tak pernah terlewatkan untuk berfoto..
Singkat kata singkat cerita, jalur pendakian selo dari base camp menuju pos 1 Dokmalang, Pos 2 Tikungan macan rutenya berupa hutan dengan tanjakan yang aduhai asyiknya..hhh, tak ada bangunan apapun di pos pendakian jalur selo ini, pos hanya berupa tanah datar saja.


 suasana Pos 1, dok malang.
Selepas dari pos 2, jalur sudah mulai terbuka dengan ditandai banyaknya tumbuhan cantigi, suplir dan tanaman eidelweis menghiasi kanan kiri jalan.

 Sabana di pos batu tulis
Rute selanjutnya dari pos 2 adalah pos batu tulis, dinamakan demikian karena pos ini ditandai dengan adanya batu besar nan datar seperti papan tulis. Sebelum sampai batu tulis kita akan dihadapkan padang sabana yang cukup luas disini, di sabana ini ada beberapa puncak bukit kecil yang sungguh indah pemandangannya. 
Senja sudah menghadang kami ketika sampai di batu tulis, trek yang cukup terjal, berdebu dan gelap membuat kamera pocket tak keluar dari sarungnya.
Setelah mendaki bukit yang cukup terjal, sampailah kita di Pos sabana 1, tempat ini berupa padang rumput yang sangat luas.
 Gn Merapi menyembul diantar awan, dari pos sabana 1
 Istimewa....itu saja...hhh, ndak cukup untuk mengungkapkan indahnya pemandangan disini, riuh lalu lalang para pendaki yang lain silih berganti membuat kami tak ingin berlama lama ditempat ini. Merapikan barang barang, menyiapkan bekal secukupnya terus summit attack. dari pos ini masih sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai ke puncak.

 menanti terbitnya mentari 
Maha karya yang luar biasa bak dinegeri dongeng, padang rumput yang luas, udara yang dingin, langit cerah, apa lagi....hati yang riang pastinya.

 track dari sabana 1 menuju puncak....puncaknya belum kelihatan lho...

 amazing banget....itu punggung saya..hh
 istimewa....salam lestari dari kami...

jalur di pos sabana 2
Tepat jam 06.00 wib perjalanan kami lanjutkan menuju puncak. Selanjutnya adalah pos sabana 2, jam 06.33 WIB kami sampai di pos 2, pos ini berupa padang rumput diselingi peohonan cantigi maupun eidelweis yang tumbuh tinggi serta dikelilingi bukit sehingga nyaman untuk mendirikan tenda atau ngecamp disini.

plang penunjuk menuju puncak..

amazing nya pemandangan menuju puncak...

jajaran punggungan dan bukit yang harus dilallui dari pos sabana 1 meuju puncak 
Tampak jelas bukit bukit dan lembah nan hijau dipenuhi rerumputan dan anggunnya gunung merapi semakin memperlambat laju perjalanan menuju puncak, hingga sekitar jam 07.30 WIB kami baru sampai di puncak tertinggi gunung Merbabu 3143mdpl. Gunung merbabu mempunyai 3 puncak, yaitu puncak utama, kentheng songo dan menara.

menggapai ubun ubun gunung merapi dari puncak merbabu

keagungan gunung merapi dari puncak tertinggi gunng merbabu

puncak kenteng songo

Dari puncak utama untuk menuju puncak kenteng songo, cukup berjalan sekitar 5 menit sudah sampai. di puncak kenteng songo ini ditandai dengan adanya batu batu berlubang menyerupai ceruk atau lumpang.
Setelah beberapa saat menikmati puncak, sekitar jam 08.30 kami putuskan untuk turun menucu camp kami di pos sabana 1, tak seperti perjalanan summit tadi, sekitar 30 menit saja waktu dibutuhkan untuk kembali ke camp..
Sesampai di camp, kami packing ulang dan menyiapkan perbekalan untuk turun gunung menuju base camp. track yang sangat berdebu membuat ami harus turun dengan inerval waktu agar tidak bengeken menghirup debu. Dari Pos sabana 1 menuju base camp waktu yang kami butuhkan sekitar 2,5 - 3 jamperjalanan.
Demikian..catper pendakian gn merbabu via Selo, yang sempat tertunda selama 3 tahun..hhhh, semoga berkenan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar