Total Tayangan Halaman

Jumat, 12 Februari 2016

Permainan Menyenangkan Untuk anak TPA

Untuk menyegarkan kembali santriwan dan santriwati setelah lama mengikuti kegiatan belajar dan mengaji agar tidak jenuh dan bosan perlu diadakan kegiatan yang menyenangkan dan menghibur. Bermain..ya bermain adalah kegiatan yang paling digemari anak anak, apalagi permainan itu dilaksanakan bersama sama dan saling bersaing.
Nah, diantara beragamnya permainan untuk anak - anak, berikut beberapa contoh permainan yang pernah dimainkan di TPA masjid Nurul Iman, kemorosari II, Piyaman, Wonosari, Gunungkidul untuk mengisi kegiatan libur dan meningkatkan semangat bagi santrinya...

1. Centel Topi

Permainan ini mengasah kejelian dan konsentrasi.
Cara bermain adalah, tiap peserta mengenakan topi kerucut yang sudah didesain sedemikian rupa sambil membawa cermin atai kaca spion sepeda motor menuju hole ata lubang tempat mencentelkan topi yang telah disediakan sesuai ukuran tinggi topi masing masing peserta, oh ya untuk tinggi lubang kawat dibuat sedikit lebih tinggi dari ketinggian kawat centelan pada topi ya...biar peserta agak kesulitan mencantelkannya atau harus dengan jinjit terlebih dahulu ( sampe sekarang belum ada padanan kata bahasa indonesia yang pas untuk kata jinjit )hehe
Peralatan :
a. topi kerucut dari kertas karton yang ujungnya diberi pengait dari kawat
b. cermin ( kaca spion motor )
c. lubang centelan dari kawat
 in action.............
hahaah....ini syifa apa tika ya...



tak ada kaca spion, ponsel dengan kamera depan pun boleh..hhh

2. Memasukan paku dalam botol

Permainan ini mengasah konsentrasi dan kerja sama tim, cara bermain cukup mudah yaitu tiap tim beranggotakan 4 - 5 orang bertugas memasukkan paku yang sudah diikat dengan tali rafiah sejumlah anggota regu dengan panjang kira kira 2 meter, kemudian tali diikatkan di pinggan masing masing anggota tim dan paku terletak ditengah dengan cara digantung kira kira 20 - 30 cm dimasukkan kedalam botol, peraturannya adalah tidak boleh dipegang tangan, siapa yang duluan memasukkan paku dialah pemenangnya.
Peralatan :
a. Botol
b. tali rafia
c. paku

in action......

ih..tasya kayaknya seneng banget...


ngulonn...ngetann...munggah mudun....embuh malah mubeng..mubeng..

3. Bakiak Beregu

permainan ini mengutamakan kekompakan kelompok dan fisik
Peralatan : Bakiak / tekhlek panjang untuk 3-4 orang
Cara permainan ini adalah tiap regu terdiri 3 atau 4 orang tergantung jumlah lubang bakiak, peserta berjalan dari start menuju finish pada jarak atau rute yang ditentukan, penilaiannya adalah yang pertama kali sampai garis finish tanpa terjatuh dialah pemenangnya.
In action....

 jangan di kitik - kitik dong.....hihihi
 goooo.......lawan sudah jauh
woa....ini malah jumpalitan....


4. Tampel air

Permainan ini mengasah konsentrasi tingkat tinggi karena pemain diharuskan berjalan menuju sasaran dengan mata tertutup dan memukul plastik berisi air yang di gantung.
Cara permainan ini adalah, peserta diharuskan memukul pecah kantung plastik berisi air yang digantung, peserta ditutup matanya dengan kain atau syal kemudian berjalan dengan jarak tertentu sesuai jalurnya masing masing menuju target yang disediakan. lebih seru lagi peserta diputar putar dulu sebelum berjalan..hehe,
Peralatan :
1. Syal / penutup mata
2. Pemukul dari pelepah pisang
3. kantong plastik ukuran 2 Kg
4. Tali rafia
5. Ember Berisi Air

Cekidoooot....and byurrr....

 konsentrasi jangan sampe salah arah...hhh
 byurrr......jangan sampe mukul punya temennya...apalagi palanya..hhhh
biasanya yang cowok gini yang seru....hhh

5. Menyusun huruf Hijaiyah

Permainan ini melatih kejelian, konsentrasi dan kecepatan., permainan ini bisa disesuaikan dengan kelompok santri atau usia, sehingga yang disusun bisa beragam seperti huruf hijaiyah, potongan ayat ayat Alqur'an dan lain-lain.
Cara bermain adalah menempatkan potongan huruf atau ayat secara acak diatas meja, peserta berlari dari sudut lain dengan diberi aba-aba dan menyusun huruf atau potongan ayat yang di acak tadi secara benar pada tempat yang disediakan. Siapa yang paling cepat selesai dengan urutan yang benar dialah pemenangnya.
Peralatan :
1. Potongan Huruf hijaiyah / Ayat Alqur'an yang diberi pita perekat bagian belakangnya
2. kain fanel
3. meja / papan tulis
 in Action....
ayo..dipilih..dipilih....

penonton pun heboh...hehe

Ok..sob, demikian sedikit kegiatan untuk mengurangi rasa jenuh bagi anak anak, semoga berkenan.


1 komentar:

  1. good game, ngomong ngomong kepada saudara kang nawa, kalau misalnya buat komunitas kumpulan pengasuh anak2 tpa gimana ??

    BalasHapus